Jumat, 21 November 2014

Membuat Kreasi Uang Mahar

http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fncuuz.blogspot.com%2F2014%2F11%2Fmembuat-kreasi-uang-mahar.html%3Fm%3D1&h=AAQFBoQbm
Membuat Kreasi Uang Mahar

Membuat Kreasi Uang Mahar

       Teringat sewaktu kakak saya dulu sedang mempersiapkan seserahan dalam pernikahannya,, saya dan mama sibuk googling mencari referensi apa saja yang biasa dipersiapkan dalam pernikahan,,, eeng iiing eeeng,, begitu membuka blog mengenai mahar munculah mahar uang yang bermacam-macam dan dibentuk dengan manis, unik, indah dan terkesan W.O.W heheh.. 

       Tuiiiiing :-) :-) ,,, muncullah ketertarikan saya untuk mencoba-coba mencari yang mudah untuk di ATM (Amati Tiru Modifikasi). hehehe maklum jiwa kere-aktifnya keluar :-p .. beberapa hari googling palah-pilih referensi yang menarik dan mudah tuk di contoh maka jatuhlah pilihan pada mahar berbentuk masjid. hihihi. 

Contoh Mahar Masjid


Langkah awal yang saya lakukan untuk Membuat Kreasi Uang Mahar yaitu menggambar ulang desain mahar tersebut pada kertas hvs agar kita lebih mudah dan detail untuk membentuk uang-uang tersebut.

Gambar masjid yang kurang bagus hehe

Selanjutnya siapkan deh bahan-bahan dan uangnya yang di perlukan dalam mahar itu ,,
  1. Kain flanel sebagai background
  2. Dobel tip sebagai perekat (kalo pake lem tembak ato lem kertas sayang uangnya nanti pas dibuka lagi udah rusak)  
  3. Tali emas, (karna nyari yang bulet-bulet kaya kemiri di gambar contoh itu susah ga nemu-nemu jadi pake yang ada aja deh)
  4. Kembang emas
  5. Renda emas
  6. Manik-manik sesuai selera atau contoh yang digambar.
  7. Pecahan uang sesuai keinginan atau sesuai tanggal pernikahan.
  8. Bingkai (kalo bisa disiapkan setelah maharnya sudah jadi biar ukurannya pas) 

       Next, untuk bagian tiang di gulung-gulung lalu rekatkan dengan dobel tip, untuk kubah lipat sesuai potongan kertas kubah. bagian tepinya dihiasi dengan tali emas. untuk pintunya pake potongan kain flanel hitam dan renda putih. bagian lainnya dilipat sesuai dengan warna ato bagian yang ingin ditonjolkan (misal angka rupiah dalam lembar uang). Karna ini percobaan yang pertama hampir 2 bulan lama pengerjaannya hehe.
Taaaraaaaa,, jadi deh walaupun tak sebagus gambar contoh.. hihi

Kreasi iseng yang pertama

       Kreasi iseng yang ke dua datang dari temannya kakak minta tolong dibuatkan (Asiiikkk orderan :-D buat tambah uang jajan haha :-p ). Jadinya begini deh hasil pemikiran 2 orang  bunga dan dua kupu-kupu.

Kreasi iseng yang ke dua L - S

       Kreasi iseng yang ke tiga permintaan dari teman kakak juga, tapi untuk masjid ini lebih cepat selesai dalam proses pembuatanya sekitar 1 minggu \(^,^)/ yeeeaaye
Kreasi iseng yang ke tiga L - S

       Kreasi yang ke empat ini lumayan menguras waktu, karna teman saya request seperti gambar ini 
Bentuk Pasangan Pengantin Muslim

yoweees deh mulai gambar maharnya
       Hal yang paling sulit karna Try and Eror itu di bagian perempuannya dari bentuk hijab dan tangannya agak sulit dalam padu padan warna dan bentuknya,, huft tapi akhirnya nemu juga posisi lipatan dan warna yang pas walau lama hehehe 
dan selesai deh yang ke empat ini
 Kreasi iseng yang ke empat

       Untuk teman-teman monggo dicoba juga sesuai selera contoh masing-masing, susah-susah gampang sih, tapi terasa gampang bila mood lagi bagus :-) hhe. Kalo ada yang mau pesen boleh banget kok ^^,
       Trimakasih buat para seniman terutama seniman mahar uang ini karna hasil karya dari kalian dapat menjadi inspirasi bagi saya (kami) :-)

Selamat mencoba dan berkarya !!!
Salam Kreatif  (Kere-Aktif)
_ncuzz_



2 komentar:

  1. Klo pesen boleh? Gambarnya dr yg mesen ato dibuatkan?

    BalasHapus
  2. mba mau coba share cara2 nya secara detail dong.. :)

    BalasHapus